Tradisi Desa Wedusan Lepas Merpati Untuk Menabung


ARYA-MEDIA, Probolinggo – Masyarakat Desa Wedusan, Kec. Tiris, Kab. Probolinggo, memiliki tradisi unik yang sudah melekat dari leluhurnya sejak dulu. Kebiasaan ini dijumpai Pasi Teritorial disaat mengawali keliling Desa berpatroli melihat aktivitas pekerjaan anggota Satgas termasuk kondisi masyarakat Desa Wedusan, (31/7/2018).

Suatu keharusan lakukan pengontrolan kegiatan sekaligus melihat kondisi masyarakat, dan itu menjadi ciri untuk selalu mengetahui perkembangan terkini yang terjadi di wilayah. Itulah yang dilakukan Perwira Seksi Teritorial Kapten Kav Nasrokin.

Baca Juga :  Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Ngawi Mengajak Masyarakat Perangi Money Politik

Disaat menuju ke arah pengerjaan rumah RTLH milik Pak Sunarto, terlihat kerumunan orang dewasa dan anak kecil sedang mengerubungi kurungan merpati. Sepintas ditanya, ternyata adalah suatu kebiasaan bagi masyarakat disana dalam kelompok-kelompok untuk menabung untuk keperluan hari raya.

Tanda melepas merpati, sebagai awal mereka yang tergabung dalam kelompok itu menabung. Besarannya, ditetapkan bersama atas kesepakatan kemampuan rumah tangga dari anggota kelompok itu.

Baca Juga :  Komedian Asal Ngawi, Akhirnya Pulang Kampung Dari Hongkong

Uang yang terkumpul pada orang yang dipercaya sebagai menghimpunnya. Dan, uang yang terkumpul akan dibagikan mendekati Hari Raya Idul Fitri. “Kebutuhan disaat Hari Raya, yang meningkat memunculkan kesadaran warga yang sudah turun temurun dengan cara menabung”, ucap Kapten Kav Nasrokin. ( anis/tim)

 1,143 total views,  17 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!