UA-163642268-1

Tradisi Lebaran Ketupat, Warga Magetan Memajang Kupat Lontong Sepanjang 2 Kilometer


ARYA-MEDIA, Magetan – Demi menjaga kelestarian tradisi lebaran, warga kampung Nahdlatul Ulama (NU) Dusun Joso, Desa Turi, Kecamatan Panekan, Kab. Magetan, menggelar wisata lebaran ketupat. Yang mana didalam setiap momentum lebaran Idul fitri yang menginjak H+7, kebanyakan umat islam membuat ketupat atau disebut lebaran ketupat setiap tahunnya, Rabu (12/06/2019).

Sepanjang 2 Kilometer, mulai dari pintu masuk di Dusun Joso, ribuan ketupat berjajar didepan rumah warga yang sebelumnya sudah di siapkan warga untuk para pengunjung. Selain ketupat, warga juga menyediakan sayur lengkap dengan lauk pauk sebagai pelengkap makanan yang bisa dinikmati siapa saja yang datang.

“Acara ini adalah bentuk menumbuhkan kembali kerukunan warga masyarakat, kita siapkan ketupat sepanjang 2 Kilometer yang siap dinikmati bersama-sama dengan lauk paunknya,”kata KH. Mansyur Ketua PCNU Kabupaten Magetan, Rabu (12/6).

Baca Juga :  Hujan Selama 1 Jam Lebih, Membuat Air Sungai Meluap Genangi Rumah Warga

Mansyur menjekaskan, filosofi ketupat mengandung arti yang sangat mendalam dalam memaknai lebaran kali ini. Ketupat atau biasa disebut dalam bahasa jawa sebagai Kupat yang artinya “Ngaku lepat” (mengaku bersalah.red) dikandung maksud setiap orang saling mengaku salah dan saling maaf memaafkan. “Kupat artinya “ngaku lepat” jadi setiap orang itu punya salah dan mengaku salah yang akhirnya saling meminta maaf dan memaafkan,”jelasnya.

Baca Juga :  Cakades Incumben "Edi Susilo", Terpilih Kembali Sebagai Kepala Desa Randusongo

Mansyur berharap, dengan digelarnya event tahunan yang di Dukuh Joso, Desa Turi tersebut, selain sebagai ajang silaturahmi serta menumbuhkan kerukunan sesama umat, juga dijadikan kunci warga Nahdlatul Ulama (NU) untuk membentengi dari paham radikalisme.

“Paham radikalisme yang diserang pertama adalah akar rumput, dengan didakan acara seperti ini kita juga berharap bisa membentengi diri dari paham radikalisme mulai dari akar rumput,” ungkapnya. (ren)

 1,829 total views,  4 views today

Baca Juga :  TNI Koramil Kanor Dan Petugas Damkar Padamkan Empat Rumah Yang Terbakar


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!