Tugu Nol Kilometer Diresmikan, Mahalnya Material Berbahan Tembaga


ARYA-MEDIA, Magetan – Tugu Nol Kilometer sebagai tetenger (tanda) Kabupaten Magetan, telah diresmikan lansung Bupati Magetan Suprawoto, ditandai dengan penandatanganan batu prasasti dan pelepasan balon udara dengan diiringi bunyi sirine. Rabu (15/01/2020)

Tugu Nol Kilometer yang berada di Jalan Ahmad Yani tersebut, sebagai tanda titik awal penghitungan jarak antar wilayah Kabupaten Magetan dengan Kabupaten lainnya, dan juga sebagai ikon Pemerintah Kabupaten )Pemkab) Magetan.

“Sebuah kota itu harus ada titik nol kilometer, sebagai penanda titik awal perhitungan dimulainya jarak. Dan ini bagus, sekaligus agar lokasi titik nol ini tidak kumuh, jadi kelihatan bersih,” kata Bupati Magetan, (15/01).

Bupati Suprawoto berharap, kepada seluruh masyarakat Magetan dan juga Dinas terkait, agar sama-sama menjaga untuk memelihara Tugu Nol Kilometer sebagai ikon Magetan. “Pembangunan tugu ini dari uang rakyat, maka dari itu kita harus menjaganya bersama-sama. Terutama OPD terkait, yang bertugas melakukan perawatan tugu ini agar selalu bersih, jangan sampai dirusak oleh tangan jahil yang tidak bertanggungjawab,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kab Magetan, Plt Mujiono melalui melalui Jojok Djohar Sorianto selaku Kepala Bidang (Kabid) RTH dan Pertanahan Dinas Perkim Kab Magetan mengatakan, bahwa Pemerintah telah menggelontorkan anggaran dana APBD Tahun 2019 sebesar Rp. 335,2 Juta, untuk pembangunan tugu Nol kilometer tersebut.

“Anggarannya dari APBD tahun 2019 sebesar Rp. 335 juta lebih, yang dikerjakan selama 2 bulan dan selesai tanggal 24 Desember 2019,” ujarnya.

Uniknya, dari bangunan tugu penanda tersebut, memiliki beberapa spesifikasi bahan yang membuat pembangunan tugu Nol Kilometer membengkak hingga ratusan juta rupiah.

“Ada beberapa bagian yang terbuat dari bahan tembaga, dan sebagian lagi terbuat dari bahan granit. Hal itulah yang memakan anggaran paling banyak dan mahal, yang membuat tugu ini mencapai ratusan juta rupiah,” jelasnya kepada Arya-Media, Rabu (15/01).

Sebagai informasi bahwa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, Jawa Timur, menggelontorkan anggaran ratusan juta rupiah dari APBD tahun 2019, untuk pembangunan tugu atau taman 0 kilometer yang terletak di kawasan kota.  Tugu yang berada di sebelah selatan SMP 3 Magetan, di sekitar kawasan Jalan Ahmad Yani tersebut, Pemkab Magetan telah menganggarkan sebesar Rp 335,2 juta rupiah, dengan bahan material berbahan tembaga untuk beberapa bagian tugu tersebut. (Ren)

 932 total views,  16 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!