Uji Coba Perubahan Jalur Baru di Magetan, Berlaku 24 Jam


ARYA-MEDIA, Magetan – Persiapan menyambut rekayasa perubahan jalur lalu lintas (Lalin) di tengan Kota Magetan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Magetan menyiapkan ratusan rambu-rambu lalin sebagai sarana penunjang perubahan jalur baru yang akan diberlakukan pada 17 September mendatang.

Sebanyak 130 rambu lalin, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan menyiapkan angaran dana sebesar Rp. 315.000.000,00-, dari APBD Magetan tahun 2019, dengan Pengadaan Langsung (PL).

“130 rambu itu ditanggung Pemkab Magetan dan Dishub dari Propinsi Jawa Timur. Jadi Pemkab Magetan menyediakan 315 juta dari APBD 2019 dengan cara pengadaan langsung,” kata Joko Trihono kepala Dishub Kabupaten Magetan, Rabu (4/9/2019).

Joko Trihono, Kepala Dinas Perhubungan Magetan.

Joko menjelaskan, uji coba perubahan jalur lalu lintas di tengah kota Magetan, diberlakukan pada 17 September 2019 karena bertepatan dengan HUT Perhubungan ke 48 tahun 2019. “Kalo tidak ada halangan kita mulai pada tanggal 17 September mendatang,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya akan menyiapkan personil dari Dishub dan Polres Magetan untuk mengawasi jalannya rekayasa perubahan jalur tersebut. Dan perubahan arus lalu lintas ini, akan berlaku selama 24 jam. “Uji cobanya berlaku 24 jam, dimulai pukul 06.00-22.00 WIB. Kalau tidak efektif kita akan evaluasi kembali,” terang Kepala Dishub Magetan kepada Arya Media, (4/9).

Sementara, Joko Trihono juga menjelaskan, rekayasa perubahan jalur lalu lintas ini, selain target untuk memperlancar arus lalin dan mengurangi angka kecelakaan yang ada, adalah sebagai upaya mendorong program Pemerintah Kabupaten Magetan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Magetan.

“Harapan kami, dengan perubahan rekaya jalur ini, dapat menggerakan perekonomian yang ada di sekitar jalur. Apalagi, Mal Pelayanan Publik (MPP) di Pasar Baru Magetan (PBM) bakal dilounching tahun ini,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Magetan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kab Magetan, akan melakukan rekayasa perubahan jalur lalu lintas (lalin) yang ada di tengah kota Magetan. Hal ini, disampaikan Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto SH, MSi, dalam rapat koordinasi (Rakor) Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) tentang perubahan arus lalin diwilayah perkotaan tahun 2019. (ren)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *