Upaya Melestarikan Budaya Sejarah Maospati, Bupati Magetan Inginkan Agenda Rutin Tahunan


ARYA-MEDIA, Magetan – Dalam upaya melestarikan budaya peninggalan sejarah di Magetan, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Magetan, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan,  Beserta sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas) lainya, menggelar Jelajah Budaya dengan tema “Djeladjah Boedjadja Sepeda Sehat Maospati 2018”, Minggu (30/12/2018).

Bertempat di halaman Distrik Maospati sebagai start, kegiatan jelajah budaya diikuti antusiasme ribuan warga, baik dari warga sekitar maupun komunitas sepeda kuno (Sepeda Onthel) se-Kabupaten Magetan.

Kekentalan peninggalan budaya dan sejarah Maospati dimulai pada massa Mataram Kuno sampai dengan Mataram Islam ada di dalam pendopo yang diberi nama Distrik Maospati. “Harapan kami adalah dapat memanfaatkan potensi yang ada sebagai muatan sejarah lokal di dunia pendidikan Magetan, sekaligus sebagai wahana edukasi wisata sejarah yang ada di Kabupaten Magetan”, kata Sutrisno Ketua KNPI Kecamatan Maospati, (30/12).

Baca Juga :  Jaga Kondusifitas Nasional, Ketua SMSI Serukan Perangi Hoax

Sementara itu, Bupati Magetan Suprawoto yang ikut hadir mengatakan, sangat mengapresiasi acara tersebut. Dan kedepan, Pemkab Magetan akan berupaya untuk dijadikan agenda rutin tiap tahunnya. Agar peninggalan bersejarah di Magetan tidak punah dan juga sebagai upaya pengenalan lingkungan untuk para pemuda.

“Kita tahu Maospati di tahun 900an adalah sebuah kerajaan. Acara seperti ini akan kita jadikan agenda rutin.  Dan ini bisa dijadikan literasi pengenalan lingkungan pada zaman dahulu bagi para pemuda di Kabupaten Magetan”, tutur Bupati Magetan.

Baca Juga :  Wujudkan Magetan Kondusif, Polres Magetan Gelar Silaturahmi Kamtibmas

Bupati berencana, terkait peninggalan bersejarah di Maospati, Pemkab Magetan akan melakukan pendataan terkait kepemilikan lahan disitus tersebut untuk menetukan langkah selanjutnya. “Kita akan cek tanah itu punya siapa, apabila milik Pemkab akan kita programkan kedepanya’, jelasnya.

Ditempat yang sama, salah satu pemuda Magetan Wahyudi Budiono mengatakan, sangat mengapresiasi dan menyambut baik segala keterbukaan yang sudah disampaikan Bupati kepada masyarakat. Ia berharap Magetan bisa lebih maju dalam semua aspek, sehingga masyarakat bisa makmur dan sejahtera.

Baca Juga :  Penjaringan Cabup dan Cawabup Ngawi, PDIP Sodorkan 2 Kandidat

“Saya sebagai warga Magetan sangat suka dengan program-program yang sudah disampaikan Bupati. Jarang sekali, ada bupati yang terbuka seperti ini. Semoga kedepan Magetan bisa lebih maju lagi”, pungkasnya. (redk)

 1,773 total views,  10 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!