Upaya Pemkab Magetan Peduli Petani, Dinas PUPR Bidang SDA Lakukan Rehabilitasi Saluran Irigasi



ARYA-MEDIA, Magetan – Upaya Pemerintah untuk mensejahterakan rakyat, banyak dilakukan di berbagai bidang. Kali ini keinginan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan membantu para petani dalam memperlancar irigasi persawahan, Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Bidang Sumber Daya Air (SDA) melakukan rehabilitasi beberapa saluran di tiga kecamatan se-Kabupaten Magetan.

Kepala Bidang SDA,Yuli K Iswahyudi ST menjelaskan, bahwa rehabilitasi saluran dilakukan di beberapa titik diantaranya, tembok pengaman saluran Tonggoiro di Jl. Tonggoiro, tembok pengaman saluran Sampung 4 di Jl. Ngentep, dan rehabilitasi saluran TUS 5 & Cakut 3 jaringan irigasi Bringin.

“Tembok pengaman saluran Tonggoiro dengan nilai kontrak 196.220.000,-. Tembok pengaman saluran Sampung dengan nilai kontrak 169.940.000,-. Dan saluran TUS & Cakut dengan nilai kontrak 177.954.000“, tutur Yuli.

Baca Juga :  Akibat Konsleting Listrik, Rumah Budi Ludes Terbakar

Yuli juga mengatakan, dalam pelaksanaan pekerjaan proyek tersebut dengan menggandeng rekanan sebagai pelaksana. Dan pelaksanaan 3 paket pekerjaan itu masing masing mempunyai estimasi selama 60 hari kalender, sejak diterbitkannya SPK tanggal 23 Oktober 2018 oleh 3 Kontraktor.

Yuli K Iswahyudi, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA), Dinas PUPR Kab. Magetan.

“Pelaksananya adalah, CV. Prambanan Putra, CV. Lumintu Jaya dan CV. Karya Nugraha beserta konsultan Supervisi CV. Lawang Ijo.”, terang Yuli kepada Arya-Media.Com Jum’at (23/11/2018).

Baca Juga :  Saat Mencari Rumput, Warga Magetan Tewas Kesetrum di TPA Milangsari

Rehabilitasi saluran yang terbagi di tiga Kecamatan tersebut, dapat mengaliri persawahan dibeberapa Desa dengan luas area yang berbeda-beda. “Untuk Kecamatan Plaosan dengan total area 111 Hektar, meliputi Desa Sidomukti, Sumberagung, Randugede, Bangsri. Dan untuk Kecamatan Kawedanan dengan luas area 93 Hektar sawah, meliputi Desa Sampung, Kawedanan, Balerejo. Sedangkan Kecamatan Bendo dengan luas area 45 Hektar terbagi di dua titik yaitu saluran TUS 5 dan Cakut 3, mengalir ke Desa Pojok dan Desa Simbatan”, jelas Kabid SDA Yuli K Iswahyudi.

Ditempat yang sama Ir. Hergunadi selaku Kepala Dinas PUPR Magetan juga menambahkan, tujuan dari pekerjaan rehabilitasi saluran ini adalah untuk mengembalikan kondisi saluran yang ada menjadi lebih baik. “Karena pasangan yang lama telah rusak maupun ruas, dan saluran yang masih alami diganti dengan pasangan lining baru, sehingga dapat mengurangi tingkat kebocoran air di saluran”, Imbuhnya.

Baca Juga :  Motor Vs Bus Mira 1 Orang Tewas di Lokasi

“Harapannya adalah, agar petani bisa lebih merasakan manfaat dari air irigasi yang ada sesuai dengan musim dan ketersediaan air pada saluran tersebut”, pungkas Hergunadi. (ren)

 

 3,182 total views,  28 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!