UA-163642268-1

Usulan Eyang Alibasyah Sentot Prawiryodirjo Menjadi Pahlawan Nasional, Dituangkan Dalam Acara Sarasehan Budaya 2019


ARYA_MEDIA, Magetan – Dalam acara sarasehan budaya “Dolan Maton” sekaligus haul Leluhur Maospati Trah Raden Sentot Ali Basah Prawirodirjo, bertempat di Distrik Maospati, Kab. Magetan, Bupati Magetan Dr.Drs. Suprawoto,SH,Msi, menghadiri sekaligus mengajak kepada semua yang hadir, utamanya generasi muda untuk selalu melestarikan budaya jawa.

“Budaya jawa merupakan salah satu peninggalan para pendahulu yang mempunyai nilai-nilai luhur tinggi. Dalam budaya jawa terdapat nilai-nilai yang tinggi terhadap kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat ” kata Suprawoto, dalam sambutannya, Rabu (3/4/2019).

Pemkab Magetan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, Bupati meminta, kedepannya untuk kegiatan sarasehan budaya agar dikemas lebih menarik dan menjadi daya tarik tersendiri. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan kegiatan seperti ini. Kedepan tentu perlu dikemas lagi, agar lebih menarik dan menjadi daya tarik sendiri dalam perspektif pelestarian budaya jawa,” ungkap Bupati Magetan.

Disela acara, usulan gelar Pahlawan Nasional bagi KPH Alibasyah Sentot Prawiryodirjo juga disampaikan oleh Ahmad Zahni bersama Abdi Maospati lainnya. Sebagai pemerhati budaya mereka berharap, agar Pemkab Magetan dapat membantu dalam memperjuangkan KPH Alibasyah Sentot Prawiryodirjo menjadi Pahlawan nasional. “Hal ini, sudah lama diperjuangkan, tapi akibat simpang siurnya sejarah, akhiran usulan itu menjadi terkendala. Semoga Pemkab dapat menjembatani dalam hal ini,” jelas Ahmad Zahni, atau dikenal dengan Ustad WOW (3/4).

Baca Juga :  Terjaring Razia : Dua Pasangan Bukan Suami Istri Digelandang Satpol PP Magetan
Penyerahan PIN Kehormatan Dari Keluarga Besar Trah Raden Sentot Ali Basah Prawirodirjo Kepada Bupati Magetan.

Senada diungkapkan oleh Ir. H.Harun Sunarso M.si, yang merupakan bagian dari keluarga Trah Mataraman, dan sebagai Calon Anggota DPR RI Partai Berkarya, Dapil 7, nomor urut 2 mengatakan, “Kami sangat bangga sekaligus mensuport penuh usulan dari masyarakat yang menginginkan agar Sentot Alibasyah Prawiryodirjo menjadi pahlawan nasional. Hal ini juga sejalan dengan visi misi Partai Berkarya,” ujarnya.

Baca Juga :  Dikucuri Dana BKKD, Desa Pendem Realisasikan Keinginan Warga Buat Jembatan

Menanggapi usulan tersebut, Bambang Setyawan selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kab. Magetan mengatakan, Pemkab Magetan bakal mendukung penuh usulan tersebut. “Kita akan membantu terkait usulan Eyang Alibasyah Sentot Prawiryodirjo menjadi Pahlawan nasional. Kita akan upayakan ketingkat propinsi untuk menindaklanjutinya, karena semuanya membutuhkan proses yang tidak gampang, dan lagi diperlukan ahli sejarah sebagai penelitinya”, pungkasnya.

Baca Juga :  Fokuskan Evakuasi Korban dan Kirim Bantuan, Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Bencana di NTT

Diberitahukan, hadir dalam acara tersebut, Bupati Magetan, Forkopimda, Forkopimca, Perwakilan dari kraton Jogyakarta Hadiningrat, Juga perwakilan dari kedaton Majapahit yang berpusat di Trowulan Mojokerto, serta undangan lainnya. Dan Diakhir acara, dilakukan penyerahan PIN kehormatan dari keluarga besar trah Raden Sentot Ali Basah Prawirodirjo kepada Bupati Magetan. (ren)

 2,802 total views,  4 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!