Usulan Warga Atas Pembukaan Jalan Baru Di Desa Temboro, Akhirnya Terealisasi


Jalan Baru Yang Masih Belum Jadi, Tetapi Sudah Dimanfaatkan Oleh Warga Untuk Aktifitas Sehari-hari.

ARYA-MEDIA, Magetan – Pembukaan jalan baru menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan. Program ini pun mulai dicetuskan dan di musrembangkan tahun 2017, sehingga masuk tahapan anggaran 2018 tahun ini.

Mohammad Syafi’i selaku Pj Kepala Desa Temboro menjelaskan, jalan baru yang sudah dibuka beberapa waktu terakhir sepanjang 250 Meter. Jalan desa ini melintas di lahan pertanian warga di Dukuh Pule dan Dukuh Temboro. Dan semua itu atas permintaan masyarakat sebagai normalisasi untuk mempercepat perekonomian masyarakat Desa Temboro.

“Jalan baru tersebut atas permintaan masyarakat di dua dukuhan, yaitu Dukuh Pule dan Dukuh Temboro. Alasannya adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang sebelumnya belum ada jalan baru harus memutar kalau hendak ke pusat pasar Temboro”, kata M. Syafi’i.

Baca Juga :  Pelaksanaan P3TGAI Desa Sewulan Dilaksanakan HIPPA Ngudi Rejeki Dengan Padat Karya.
Lokasi Jalan Baru Yang Melintasi Area Laha Pertanian Warga.

“Jalan baru tersebut, juga sebagai akses jalur pendidikan bagi anak-anak yang bertempat tinggal di Dukuh Pale untuk berangkat ke sekolahnya”, terang Pj. Kades Temboro kepada Arya-Media, Senin (15/10/2018).

Sedangkan untuk anggarannya, dialokasikan tunai dari Dana DD sebanyak Rp 50 juta. Dan dana tersebut sebagian besar diperuntukkan sebagai padat karya untuk pemberdayaan masyarakat setempat. Dan selain itu, juga untuk menjaga kualitas jalan.

Baca Juga :  Babinsa Koramil Sukomoro Lakukan Penghijauan Bersama Perangkat Desa Dan Karang Taruna Desa

“Untuk tahun ini, Desa tidak menggelontorkan dana untuk pembukaan jalan baru. Namun akan menganggarkan peningkatan kualitas jalan tersebut”, imbuhnya.

Saat ditanyai salah satu warga Dukuh Pule Mochammad Mahsur mengungkapkan, saat ini antusias warga begitu besar dengan dibukanya jalan baru tersebut. Sehingga ketika ada rencana Pemdes membuka jalan tersebut, banyak warga yang siap menghibahkan tenaganya sebagai padat karya warga, dan pihak Pemdes juga merespons dengan cepat usulan warga khususnya Dukuh Pale”, ungkapnya.

Baca Juga :  Kemeriahan Jalan Sehat Banyudono Dihadiri Bupati Terpilih Magetan

“Kami sungguh senang dengan adanya jalan tembus yang baru ini, karena selain menyingkat waktu, juga lebih mudah untuk melakukan aktifitas sehari-hari, termasuk kalau mau ke pasar Temboro. Jadi tidak usah muter lagi mas kalau mau ke pasar”, pungkasnya. (ren/redk)

 956 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!