Warga Magetan Sumringah, 2 Desa di Kecamatan Poncol Menerima BLT Dana Desa


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, realisasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD), untuk diberikan kepada masyarakat khususnya warga Magetan, akibat terdampak Virus Corona (Covid-19).

BLT Dana Desa tersebut dibagikan kepada masyarakat yang belum tercover Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) seperti PKH, BPNT dan lainnya. Salah satunya adalah, Desa Poncol dan Desa Sombo, Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. Rabu (6/5/2020).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Magetan, Eko Muryanto mengatakan, proses penyerahan BLT Dana Desa kepada masyarakat kurang mampu atau dengan kategori masyarakat miskin, telah direalisasikan oleh 2 Desa di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan.

Penyerahan BLT Dana Desa (DD) Kepada Warga Desa Sombo Kec Poncol Magetan.

“Dari 207 Desa se-Kabupaten Magetan, baru 2 desa yang sudah membagikan BLT Dana Desa,” ujar Eko Muryanto, Rabu (6/5).

Kepala PMD Magetan menjelaskan, masing-masing Pemerintah Desa (Pemdes) sedang melakukan pendataan sebagai tahapan persiapan pencairan. “Hari ini Desa Poncol dan Sombo yang sudah salurkan BLT DD,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kecamatan Poncol, Sarengat mengatakan, BLT berupa uang tunai sebesar Rp. 600 ribu, diberikan kepada warga secara bertahap, terhitung mulai bulan April, Mei, dan Juni. “Untuk Desa Poncol sebanyak 80 orang, dan Desa Sombo ada 17 orang penerima BLT Dana Desa,” ungkapnya kepada Arya Media, (6/5).

Akan tetapi, karena proses penyaluran BLT secara bertahap, maka warga yang sudah terverifikasi sebagai penerima BLT DD hanya menerima bantuan tunai Rp. 600 ribu untuk bulan April lalu. “Pertama Desa Sombo dibagikan pada pagi hari, dilanjutkan ke Desa Poncol,” jelas Sarengat.

Camat Poncol berharap, semoga dengan adanya bantuan BLT DD tersebut, dapat meringankan beban masyarakat akibat dampak dari pandemic Covid-19 di Kabupaten Magetan. “Semoga pandemi Covid-19 di Magetan segera berakhir. Sehingga masyarakat dapat beraktifitas kembali seperti sedia kala,” pungkasnya. (Ren)  

 3,750 total views,  16 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!