UA-163642268-1

Warga Pendem Sumringah : Proses Pembayaran Ganti Untung Lahan Warga Terdampak Embung Pendem


ARYA-MEDIA, Magetan – Lahan warga Desa Pendem, Kec. Ngariboyo, Kab. Magetan, yang terkena imbas mega proyek “Embung Pendem”, akhirnya terealisasi. Apa yang dinanti – nanti masyarakat Desa pendem, tiba waktunya menerima uang ganti untung dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan.

Pembangunan Embung Pendem dibawah naungan BBWS Pusat tersebut, Pemkab telah menggelontorkan dana milyaran rupiah sebagai proses ganti untung Pembangunan / Rehabilitasi Embung dan Bangunan Penampung Air lainnya, kepada masyarakat Desa Pendem bagi lahannya yang terkena dampak pembangunan. Tepat pukul 09.00 Wib, proses penyerahan uang kepada warga yang terdampak, dilakukan di pendopo Desa Pendem, Kec. Ngariboyo, Jum’at (31/5/2019).

Sebagai informasi, terdapat 8 warga yang lahan sawahnya terdampak proyek Embung Pendèm, dengan luasan bidang tanah berbeda-beda. Harganya pun, juga bervariasi, dimulai dari harga Rp 92.500 per M2 samapai yang tertinggi dengan harga Rp 235.000 per M2, tergantung letak geografis posisi tanah.

Baca Juga :  Pemandangan Haru Melepas Kepergian Satgas TMMD-102
Yuli K Iswahyudi, Menyerahkan Uang Ganti Untung Secara Simbolis Kepada Peran Warga Desa Pendem.

Seperti diungkapkan Paeran, sebagai warga Desa Pendem yang mempunyai lahan seluas 1.485 M2, dengan harga Rp 235.000, telah menerima uang ganti untung sebanyak Rp 348.975.000,-.

“Saya bersyukur mas, lahan sawah saya di beli pemerintah dengan harga tinggi, dan alhamdulilah uang ganti untung ini juga saya belikan tanah lagi dan malahan masih ada sisa untuk tabungan,” ungkap warga setempat.

Baca Juga :  Kecelakaan di Tol Ngawi – Solo Km 568+100 B, Renggut 1 Korban Jiwa

Menurut keterangan Kepala Dinas PUPR Kab. Magetan, Hergunadi, melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA), Yuli K Iswshyudi mengatakan, proses penyerahan uang ganti untung bagi warga Desa Pendem, Kec. Ngariboyo, Pemkab Magetan menggelontorkan dana sebesar RP.1.025.295.000.

“Hari ini, kita bekerjasama dengan Bank Jatim, menyerahkan hak warga yang mendapat uang ganti untung dari lahan yang mereka iklaskan untuk perencanaan pembangunan Embung Pendem. Untuk total uang yang di glontorkan kepada warga terdampak sebesar Rp. 1.025.295.000,” kata Yuli, Kepala Bidang SDA, Dinas PUPR Kab. Magetan, Jum’at (31/5).

Baca Juga :  Pemantauan Dan Pengawasan Satgas TMMD, Sekaligus Bercengkrama di MI Nurul Hasanain

Yuli menjelaskan, kedepannya juga akan dilakukan proses penggantian lahan Tanah Kas Desa yang terdampak secara resmi, yang diperkirakan bakal dilakukan pasca lebaran 2019 ini. “Tahap selanjutnya, penggantian lahan tukar guling milik warga sebagai pengganti TKD, akan direalisasikan setelah lebaran idul fitri,” jelasnya. (ren)

 5,208 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!