Waspada Curah Hujan Ekstrim, Pemkab Magetan Gelar Apel Pasukan Siaga Bencana


ARYA-MEDIA | Magetan – Waspada curah hujan yang ektrim, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, menggelar Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2020-2021, di halaman Pemkab Magetan pada hari Senin (16/11/2020).

Usai melaksanakan Apel Gelar Pasukan, Bupati Magetan Suprawoto didampingi Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti melakukan peninjauan kesiapan penanggulangan bencana, baik kesiapan personel maupun kesiapan peralatan dalam menanggulangi dan mencegah serta pemulihan bencana apabila terjadi di wilayah Kabupaten Magetan.

“Menurut BMKG, intensistas hujan tahun ini meningkat ekstrim, maka dari itu pemerintah diminta untuk gelar pasukan dalam kesiapsiagaan bencana. Karena Magetan sering terjadi bencana setiap tahunnya, dan sebenarnya bencana itu bisa diprediksi apa yang akan terjadi dan itu relative bisa,” kata Bupati Suprawoto, Senin (16/11).

Baca Juga :  Ada Kejanggalan Program PUAP, Polres Magetan Segera Panggil Camat

Dijelaskan Bupati Magetan, menurut BMKG tahun ini, intensitas hujan yang terjadi di seluruh Indonesia khususnya Magetan meningkat naik. “Untuk Magetan, yang sering terjadi adalah tanah longsor dan banjir. Hal itu sering terjadi di wilayah Kecamatan Plaosan, Panekan dan Poncol. Sedangkan bencana Banjir adalah di Kecamatan Kartoharjo,” jelasnya kepada Arya Media.

Baca Juga :  Antisipasi Banjir, Desa Keras Wetan Membangun Drainase Tampungan Air Hujan

Bupati juga berharap, dengan kesiapan tersebut, dapat saling berkoordinasi dalam menghadapi bencana yang sesunguhnya. “Sebenarnya, setiap tahun kita selalu siap apabila terjadi bencana. Namun, dengan Apel Kesiapan Bencana ini bisa lebih siap dan lebih bersemangat lagi, karena kalau dilakukan dengan bersama-sama pasti akan menambah spirit dengan adanya banyaknya dukungan,” ungkap Bupati Magetan, Senin (16/11).

Baca Juga :  Abaikan Safety Keselamatan : Pembangunan Renovasi SMA Negeri 01 Kedungwaru

Di tempat yang sama, Dandim Magetan, Letkol Inf Ismulyono Triwidodo juga mengatakan, bahwa Kodim 0804/Magetan selalu mendukung penuh pelaksanaan program pemerintah dalam menghadapi bencana apabila terjadi. “Kami sudah siagakan seluruh anggota agar tanggap bencana, dan kegiatan tanggap bencana tahun ini dikomandoi Kapten Suyatmin,” tegas Dandim.

Selain itu, anggota TNI Kodim Magetan juga diprioritaskan untuk wilayah-wilayah tertentu yang sering terjadi bencana, baik longsor, banjir, maupun putting beliung. “Anggota babinsa sudah kita siagakan di daerah-daerah rawan bencana,” pungkasnya. (Ren)

 1,641 total views,  13 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!