Wujudkan Ketahanan Pangan, Kodim Bojonegoro Tanam Padi Perdana Varietas Inpari 32


ARYA-MEDIA,Bojonegoro – Sebagai upaya untuk mewujudkan Ketahanan Pangan (Han Pangan), di tengah pandemi Covid-19, Kodim 0813/Bojonegoro Jawa Timur, tanam padi diatas lahan demplot milik Kodim setempat. Tanam padi perdana dengan varietas inpari 32, di lahan seluas empat hektar yang terletak dilingkungan Taman Rajekwesi, tepatnya masuk Desa Klangon, Kecamatan Bojonegoro, Sabtu (6/6/2020).

Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro Kapten Inf Surahmat mengatakan, kegiatan tanam padi ini melibatkan anggota Makodim 0813 Bojonegoro bersama Kelompok Tani (Poktan) dalam rangka mendukung suksesnya swawsembada pangan program Pemerintah. Sehingga, ketahanan pangan khususnya diwilayah Kabupaten Bojonegoro semakin tangguh meski dihadapkan dengan pandemi covid-19.

“Hal ini, sebagai wujud dukungan penuh kepada pemerintah, khususnya dibidang ketahanan pangan. Dengan harapan, apa yang kita laksanakan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya untuk memantapkan Kabupaten Bojonegoro sebagai lumbung pangan,” kata Kapten Inf Surahmat, Sabtu (6/6).

Sementara itu, Dandim 0813 Bojonegoro, menjelaskan bahwa, program ketahanan pangan kali ini, tidak hanya tanaman padi. Tapi juga akan berkelanjutan tanaman lainnya seperti varietas jagung dan kedelai sesuai musim tanam. 

“Selain Pajale (Padi, Jagung, dan Kedelai), juga digalakkan penanaman tanaman holtikultura seperti sayur sawi, kangkung, tomat, Lombok, serta tanaman buah pepaya dan pisang di sekitar lahan perkantoran dan perumahan,” ungkap Dandim.

Selain itu, peran Kodim 0813 Bojonegoro dalam budidaya ikan nila juga dilakukan dalam bidang perikanan. Kegiatan tersebut, bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Pemkab Bojonegoro dengan penebaran 3500 bibit ikan nila di kolam ikan Makodim Bojonegoro.

“Kita semua berharap, dalam pendemi covid-19 ini, Babinsa jajaran Kodim Bojonegoro bersama masyarakat dalam kemanunggalan yang produktif untuk mewujudkan Bojonegoro Maju dan Sejahtera,” pungkas Letkol Inf Bambang Hariyanto. (Pen/Redk)

 316 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!