Wujudkan Transparansi Dan Akuntabilitas, Desa Ginuk Sosialisasi APBDes Tahun 2019


ARYA-MEDIA, Magetan – Dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas berdasarkan UU No.6 tahun 2014, Desa Ginuk, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, menggelar Sosialisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2019 kepada warga masyarakat, Rabu (6/2/2019).

Hadir dalam acara beberapa jajaran Forkopimca Kec. Karas yaitu, Camat Karas, Kapolsek Karas, Danramil Karas sekup wilayah Karangrejo, Kepala Desa bersama seluruh perangkat Desa Ginuk,Toga dan Tomas, serta puluhan warga masyarakat Desa.

Sosialisasi APBDes sebagai pemaparan pendapatan dan belanja Desa kepada masyarakat terkait program-program Desa untuk pemberdayaan dan pembangunan di Desa Ginuk selama tahun 2018 dan rencana tahun 2019.

Baca Juga :  Maidi dan Inda Raya Resmi Dilantik, Siap Tancap Gas Bangun Kota Madiun

“Sosialisasi ini untuk menjelaskan kepada masyarakat, terkait keuangan dalam pembangunan Desa, agar masyarakat mengetahui bagaimana realisasi APBDes tahun 2018, sebagai wujud transparansi Pemerintah Desa (Pemdes) kepada warga”, kata sambutan M. Zaenuddin, Kepala Desa (Kades) Ginuk, (6/2).

Muh Zaenuddin, Kepala Desa Ginuk, Kec. Karas, Kab. Magetan.

Kades Ginuk mengungkapkan, untuk APBDes di Desa Ginuk mengalami peningkatan dilihat dari Pendapatan Anggaran Desa (PAD). “Untuk tahun 2018, Desa Ginuk mempunyai pendapatan 1,7 Milyar lebih. Sedangkan tahun 2019 Desa mempunyai 1,8 Milyar lebih, semua itu bersumber dari ADD, DD dan BHPRD”, terang Kades.

Baca Juga :  Warga Lansia Di Magetan, Siap Laksanakan E-Voting 2019

Disisi lain, Camat Karas, Drs. Arief Ridwan, MM, menjelaskan, tahapan APBDes membutuhkan kerja ekstra dalam pelaksanaan dan penyusunannya. Sehingga diperlukan motivsi yang tinggi, agar semua anggaran dapat terserap sesuai anggaran Desa. “Kami mohon kepada seluruh jajaran perangkat tingkat Desa untuk memaksimalkan kinerja di masing-masing Desa khususnya Desa Ginuk Kec. Karas. Kaarena kinerja dan motivasi perangkat Desa yang dapat menentukan pelaksanaan APBDes berjalan dengan lancar”, jelasnya kepda Arya-Media (6/2).

Baca Juga :  HEADLINE : Tabrakan Mobil Vs Motor Menelan Korban Jiwa

Senada diungkapkan Kapolsek Karas, AKP Santoso SH, menghimbau kepada seluruh audiens yang hadir, agar berhati-hati dalam pelaksanaan APBDes tahun 2019.

“Kepada seluruh warga dan semua perangkat yang terlibat dalam APBDes, dalam pembangunan di Desa ginuk mendatang agar senantiasa hati-hati sesuai dengan aturannya dan dapat dipertanggung jawabkan. Kami tidak ingin muncul permasalahan dikemudian hari, karena sosialisasi ini di saksikan dan di setujui oleh warga masyarakat Desa Ginuk, maka dari itu kekompakan tim sangat dibutuhkan”, pungkasnya. (ren)

 2,213 total views,  6 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!