UA-163642268-1

Anti Narkoba : 30 Pengurus KIPAN Dikukukan Bupati Ngawi


ARYA-MEDIA | NGAWI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nhawi Jawa Timur, melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (DISPARPORA), melakukan pengukuhan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN), di Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi.

Sebanyak 30 orang anggota KIPAN, dikukuhkan langsung Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, dengan didampingi Kepala Dispapora Provinsi Jawa Timur Supratomo, Jumat (11/06/2021).

Seketaris Dispapora Kabupaten Ngawi, Suyanto mengatakan, dasar hukum diselenggarakannya kegiatan tertuang dalam undang-undang No 40 tahun 2009, tentang kepemudaan yang mengharuskan dan mewajibkan pemuda terbebas dari Narkoba, dan Undang-undang No 35 Tahun 2019 Tentang Narkotika, serta Instruksi presiden No 2 Tahun 2020 tentang rencana pencegahan dan aksi pemberantaskan penyalagunaan dan peredaran Narkotika dan prekusor Narkotika, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 12 tahun tentang Nasional Pencegahan fasilitas dan bentuk pemberantasan dan prekursor Narkotika.

Baca Juga :  Eratkan Silaturahmi, Bupati Ngawi Lakukan Safari Ramadhan Di Masjid Agung

“Anggota KIPAN mempunyai tugas membentuk kelompok pemuda anti Narkoba atau disingkat KOPAN untuk tingkat Kecamatan, Desa/Kelurahan atau Komunitas sosial tertentu. Ssmua itu untuk membangun antara pemuda dengan seluruh elemen masyarakat dan Pemerintah yang integratif dan berkelanjutan,” tutur Suyanto.

Tujuan dibentuknya kepengurusan KIPAN, sebagai tanggungjawab Pemerintahan Daerah dalam upaya pencegahan penggunaan narkoba, khsusnya para pemuda dan masyarakat Ngawi pada umumnya.

Baca Juga :  Dikpora Magetan : Kegiatan Belajar Mengajar di Rumah Bakal Diperpanjang

Selain itu, KIPAN juga beperan aktif dalam mencegah penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba. “Yakni dengan menggerakan pemuda dalam upaya menciptakan lingkungan bersih Narkoba, serta mendampingi korban sebagai upaya medis dan non medis yang berbasis pada kearifan lokal,” jelas Suyanto, Jumat (11/06).

Sementara itu, Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, menelaskan bahwa, mulai tahun 2012 Kabupaten Ngawi sudah rutin mengadakan kaderisasi duta anti Narkoba, dengan menyasar 700-1000 anak setiap tahunnya.

Baca Juga :  SMPN 2 Karangrejo Tampil All-Out Dalam Karnaval HUT RI Ke-73

“Ini namanya saja yang dirubah menjadi KIPAN. Diharapkan ada komunikasi yang lebih baik lagi dari kementrian pusat, provinsi, maupun daerah, sehingga nantinya banyak wawasan-wawasan dan program-program untuk dikomunikasikan, sehingga terjalin sinergi kolaborasi tingkat pusat ke daerah,” pungkasnya. (Endik)

 470 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!