Desa Ngampel Jadi Sasaran Program P3TGAI Dalam Peningkatan Saluran Irigasi


ARYA-MEDIA, Madiun – Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) merupakan salah satu kegiatan dari Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM). Dalam pelaksanakannya, dengan menumbuhkan partisipasi masyarakat petani pemakai air (P3A) untuk kegiatan perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi sesuai dengan kebutuhan dan prinsip kemandirian.

P3-TGAI merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja irigasi desa, guna kesejahteraan petani, dan peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, serta berkontribusi untuk ketahanan pangan. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan, yang mana masyarakat dilibatkan dalam pembangunan irigasi kecil dibawah 150 ha dengan melibatkan langsung P3A.

Pelaksanaan P3-TGAI ini, didampingi Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM), dalam menerapkan program padat karya tunai, yang bermanfaat untuk masyarakat Perdesaan. Selain dapat menambah income bagi masyarakat, diharapkan daya beli masyarakat juga semakin meningkat.

“Desa Ngampel, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, merupakan salah satu desa penerima program P3TGAI melalui HIPPA Tirtomoyo, dari total 107 desa se-Kabupaten Madiun,” kata Sutrisno, Ketua HIPPA di Desa Ngampel, Sabtu (9/11/2019).

Sutrisno mengaku akan bertanggung jawab atas pelaksanaan pembangunan saluran irigasi, sesuai dari arahan kepala desa. “Kami siap untuk melaksanakan pembangunan fisik saluran sesuai dengan RAB dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo selaku PPPK program P3-TGAI di wilayah kabupaten Madiun. Dan dalam pelaksanakannya, kami selalu konsultasi dengan pendamping kegiatan ini,” jelasnya.

Kepala Desa (Kades) Ngampel, Nogroho ST, saat ditemui wartawan Arya Media mengatakan, bahwa program P3TGAI ini sangat besar manfaatnya bagi peningkatan produksi pertanian di desanya, karena bersinergi dengan Visi Misi dari kepala desa untuk meningkatkan taraf hidup petani Desa Ngampel.

“Dengan diperbaikinya saluran irigasi, akan mengurangi tingkat kehilangan air. sehingga akan lebih efisien penggunaan air untuk irigasi. Dengan adanya program tersebut, dapat meningkatan penghasilan petani desa,” ucap Kades Ngampel, (9/11).

Nugroho berharap, dengan adanya program P3TGAI, dapat berkesinambungan untuk kedepannya. “Terima kasih kepada semua pihak, atas diturunkannya program P3-TGAI di Desa Ngampel. Saya berharap program berkelanjutan utamanya dapat dkontribusikan lagi untuk Desa kami,” pungkasnya. (Ren)

 2,442 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!