UA-163642268-1

Deteksi Dini Penyebaran Covid-19, Rapid Test Pedagang di 3 Pasar Tradisional


ARYA-MEDIA, Bojonegoro – Bersama jajaran Kepolisian, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) Bojonegoro, serta para relawan, dan jajaran Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, melakukan pengamanan pelaksanaan rapid test masal di pasar tradisional untuk deteksi dini penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Rapid test yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro kepada para pedagang pasar tradisonal, meliputi tiga (3) lokasi pasar tradisional yakni pasar tradisional Kecamatan Kedungadem, Suguhwaras dan Ngaraho. Sabtu (6/6/2020).

Danramil 0813-08/Kedungadem, Kapten Inf Edi Purwantoro, mengatakan, bahwa kegiatan pengamanan pelaksanaan rapid test dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19 yang melibatkan TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, perangkat desa dan relawan tersebut, adalah wujud sinergitas, soliditas dan kekompakan bersama.

Baca Juga :  Aksi Pencurian Sarang Burung Walet, Berhasil Digagalkan Warga

“Alhamdulillah kegiatan rapid test berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Pengamanan dalam kegiatan ini adalah salah satu bentuk kerjasama yang baik, dan kekompakan antar instansi,” ucapnya, Sabtu (6/6).

Sementara itu, Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Bencana Non Alam Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Masirin menjelaskan, dalam pengambilan sampling rapid test kepada para pedagang di pasar Kecamatan Kedungadem sebanyak 100 orang. Sedangkan pasar Kecamatan Sugihwaras 101 orang, dan pedagang pasar Kecamatan Ngraho 100 orang.

Baca Juga :  Lakukan Penyidikan, Kejari Magetan Geledah Kantor Desa Baleasri

“Setelah rapid test, bagi warga yang diketahui hasilnya reaktif akan langsung dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Hal tersebut dilakukan agar tetap sehat, tidak terpapar covid-19 dan tidak menularkan ke warga lainnya,” jelasya.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Bojonegoro agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Seperti membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir, menggunakan masker,, serta menjaga jarak aman atau physical distancing,” pungkas Masirin. (Pen/Redk)

 1,640 total views,  6 views today

Baca Juga :  Cegah Penyebaran Covid-19, Magetan Lounching Marka Physical Distancing


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!