UA-163642268-1

Dinas Pangan dan Perikanan Ngawi Ajak Warga Gemarikan


ARYA-MEDIA | Ngawi – Dinas Pangan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi, melaksanakan program nasional gerakan Gemar Makan Ikan (Gemarikan) di beberapa wilayah Kabupaten Ngawi Jawa Timur.

Melalui bidang Perikanan dari Dinas Pangan dan Perikanan Kab Ngawi, mensosialisakan Gemarikan selama 2 hari berturut-turut, kepada masyarakat Kabupaten Ngawi khsusnya warga Desa Patalan dan Desa Ploso, Kecamatan Kendal. Selasa(08/12/20).

“Gemarikan adalah, suatu gerakan memasyarakatkan makan ikan dan merupakan program nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan sejak Tahun 2004,” kata Dra Retno Wahyu W, MM., Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Dinas Pangan dan Perikanan Kab. Ngawi, Selasa (08/12).

Baca Juga :  Hari Batik Nasional, Ungkapan Pengusaha Labatik Asal Sumenep

Dijelaskan Retno Wahyu, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah menghimbau masyarakat akan pentingnya manfaat makan ikan sejak usia balita. Karena ikan banyak mengandung gizi yang penting untuk pertumbuhan bayi dan kecerdasan otak. “Ikan merupakan sumber protein yang mengandung mineral dan asam amino serta omega 3,” jelasnya.

Menurutnya, dengan mengkonsumsi ikan secara rutin, maka tidak hanya mencegah stunting akan tetapi mampu meningkatkan kualitas SDM di Indinesia untuk masa yang akan datang. “Investasi yang bagus untuk anak-anak, adalah dengan memberikan gizi yang bagus. Karena diibaratkan sebulir nasipun yang anak-anak makan adalah sarana mereka untuk bertumbuh. Jadi dengan pemberian gizi adalah investasi jangka panjang yang dampaknya akan terasa 15 – 20 tahun ke depan,” terang Kabid Perikanan, (08/12).

Baca Juga :  Periode 1 Oktober 2019, 54 Personel Kodim Bojonegoro Naik Pangkat

Selain itu, ragam jenis ikan di Kabupaten Ngawi masih terbatas pada ikan air tawar. Namun Pemkab Ngawi melalui Dinas Pangan dan Perikanan, bakal terus berupaya memaksimalkan produksi ikan di perairan darat seperti waduk. Ada juga pengenalan olahan ikan melalui Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di Posyandu. Diharapkan dengan langkah-langkah tersebut tingkat konsumsi ikan di masyarakat Ngawi dapat terus meningkat.

Baca Juga :  DESA GRABAHAN LANTIK 7 PERANGKAT BARU, SESUAI SOTK

“Kegiatan Gemarikan Dinas Pangan dan Perikanan Kab Ngawi, akan dilaksanakan secara terus menerus setiap tahunnya. Sebagai upaya meningkatkan angka konsumsi ikan di Kabupaten Ngawi yang baru mencapai 11,71 kg perkapita/tahun.” Pungkasnya. (Endik/Adv)

 1,173 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!