UA-163642268-1

Hindari Korban Jiwa, Gropyokan Tikus Desa Padas Lebih Efektif dan Aman


ARYA-MEDIA | NGAWI – Pemerintah Desa (Pemdes) Padas, Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi Jawa Timur, bersama Camat Padas, PAC GP ANSOR beserta warga masyarakat, menggelar Gropyokan untuk membasmi hama tikus dalam menghindari pemasangan jeban tikus di masa tanam. Selasa (29/12/2020).

Gropyokan Tikus merupakan salah satu cara pengendalian tikus sawah. Gropyokan dilakukan oleh beberapa orang dengan menggunakan alat yang sederhana diantaranya cangkul, alat pemukul dan jaring.

Kepala Desa Padas, Wakid Nofianto, mengatakan bahwa, giat gropyok tikus tersebut akan dilakukan rutin sebagai agenda pada musim tanam tiba, di wilayah Desa Padas yang notabennya petani. Diketahui bahwa, hama tikus di wilayah Kabupaten Magetan merupakan masalah besar yang dialami petani, apalagi jebakan tikus dengan aliran listrik dapat membahayakan jiwa hingga sampai kematian.

Baca Juga :  Warga Desa Sariwani Digegerkan Dengan Adanya Mayat

“Agenda gropyokan ini, untuk mencegah warga terjadinya korban, dan ini juga himbauan dari Perintah Daerah, Polisi, dan PLN. Karena jebakan tikus beraliran listrik sedang lagi trendnya pada musim tanam tahun ini. Sehingga banyak yang memakan korban khususnya di wilayah Kabupaten Ngawi” terang Wakid kepada awak media, Selasa (29/12).

Selain itu, petani Desa Pasa merasa bersyukur adanya gropyokan tikus yang meresakan petani dan sangat merugikan, daripada memilih pamasangan jebakan listrik tikus yang dapat membahayakan masyarakat sekitar.

Baca Juga :  Denpom V/1 Madiun Bersama POM TNI AU Gelar Operasi Gaktib

“Gropyokan ini sangat efektiftif dalam menanggulangi hama tikus, karena tidak mebahayakan jiwa. Dengan adanya keluhan masyarakat dan larangan pemasangan jebakan listrik tikus, saya mengadakan gropyokan dan lomba menangkap tikus hidup atau mati dengan dihargai 2.000 perekor. Sedangkan terkait segi pendanaan berasal dari kantong sendiri,” Tandasnya. (Endik)

 717 total views,  2 views today

Baca Juga :  Aksi Protes Tenaga Honorer, “Revisi Aturan Seleksi CPNS Tahun 2018”


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!