UA-163642268-1

Kasat Lantas Polres Magetan : “Tes Psikologi” Sebagai Syarat Pembuatan SIM


ARYA-MEDIA, Magetan – Proses pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM), harus menyertakan tes psikologi bagi para pemohon maupun masyarakat yang ingin memperpanjang SIM. Hal itu dilakukan Polres Magetan, untuk memastikan pengendara dinyatakan benar-benar sehat secara jasmani maupun rohani.

Kasat Lantas Polres Magetan, AKP Ega Prayudi, membenarkan hal tersebut. Selain sebagai pelengkap agenda tes kesehatan dalam pembuatan SIM, tes psikologi memang perlu dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas yang marak terjadi di wilayah hukum Polres Magetan.

“Untuk menekan angka kecelakaan, tes psikologi sangatlah diperlukan, karena untuk mengetahui seberapa agresif seseorang dalam mengemudi. Dan mungkin ada yang gila atau stress, bisa dideteksi melalui tes ini, sehingga tidak layak untuk mendapatkan SIM” kata AKP .Ega Prayudi.

Baca Juga :  Heboh.... Penemuan Mayat Bayi Dalam Kardus di Pinggir Jalan
Satpas atau Kantor Pembuatan SIM Polres Magetan.

Ega Prayudi menjelaskan, tes psikologi ini tidak hanya dilakukan Polres Magetan, namun juga berlaku di seluruh Satpas atau Kantor SIM di wilayah hukum Polda Jawa Timur (Jatim).

“Kita sudah mulai sejak tanggal 26 Desember kemarin. Seminggu sebelumnya, kita juga sudah melakukan sosialisasi sekaligus membagikan surat keterangan lulus psikologi secara gratis,” terangnya.

Baca Juga :  Suasana Yang Berkesan, Terakhir Bersama Warga Wedusan

Selain itu, tes tersebut dilakukan oleh lembaga Asosiasi Psikolog Forensik Indonesia, yang sudah bekerjasama dengan Polda Jatim. “Petugas yang melakukan tes ini sudah diluar anggota Polres Magetan. Ini semacam lembaga kesehatan yang ditunjuk Polda Jawa Timur,” jelas Kasat Lantas Polres Magetan.

Sebagai informasi, pembuatan SIM dengan tes psikologi tersebut, berdasarkan Pasal 81 ayat 4 UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Selain itu juga diatur dalam Pasal 36 Peraturan Kapolri Nomor 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi. (Ren)

 7,530 total views,  2 views today

Baca Juga :  Bank Sampah Desa Bedewang, Tambahkan Income Warga


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!