UA-163642268-1

Magetan Menjadi Zona Merah, Bupati Magetan : Perketat Protokol Kesehatan


ARYA-MEDIA | MAGETAN – Kasus persebaran covid-19 di kabupaten Magetan Jawa Timur, terus mengalami peningkatan sejak awal tahun baru 2021. Terpantau sejak 18 Januari 2021, jumlah terkonfirm positif sebanyak 1.413 jiwa, sembuh sebenyak 1096, dan jumlah meninggal sebanyak 66 orang.

Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Magetan Suprawoto, pada pertemuan Pers Conference di Pendopo Surya Graha, Kabupaten Magetan,  pada Selasa (19/01/2021).

“Dengan perkembangan sebaran covid-19 yang terus meningkat, Magetan sudah memasuki zona merah, dikarenakan indikator tingkat korban meninggal sudah 66 orang. Sedangkan kapasitas di RSUD Sayidiman Magetan juga mengalami kenaikan, khususnya di UGD sejak Desember lalu,” kata Bupati Magetan.

Baca Juga :  Camat Perempuan Yang Baru Dilantik, Jatuh Pingsan Saat Pembacaan Fakta Integritas

Dijelaskan Bupati Suprawoto, upaya untuk memutus mata rantai Covid-19 (Corona Virus Desiase 2019), harus terus ditingkatkan, yakni minimal memperketat 3M, Mencuci tangan pakai sabun, Memakai masker, dan Menjaga Jarak. “Kita harus perketat protokol kesehatan, agar Magetan kembali seperti semula,” jelasnya kepada awak media, Selasa (19/01).

Bupati juga menambahkan, rasio pemeriksaan melalui PCR di Kabupaten Magetan, dapat terdeteksi lebih dini, karena Magetan memiliki 3 PCR (Polymerase Chain Reaction). “Satu khusus untuk perawatan di Rumah Sakit Sayudiman, kemudia yang ke dua ada di Lapkesda ( laboratorium kesehatan daerah), dan ketiga berada di Rumah Sakit Lanud Iswahyudi,” terangnya.

Baca Juga :  Dandim 0804 Magetan Sampaikan Ucapan Dirgahayu Penerangan TNI-AD Ke-68

Selain itu, salah satu bentuk upaya untuk penangan persebaran covid-19 yang kembali meningkat, RSUD Sayidiman Magetan sudah mengoprasikan ruang oprasi khusus untuk pasien Covid-19. “Setiap orang yang terkonfirmasi positif sebagaimana telah dilakukan dengan cara swab antigen. Selanjutnya penambahan tempat tidur di RSUD Sayidiman telah menyediakan tempat tidur sebanyak 73, dan akan di tambah lagi sebanyak 102,” ungkap Bupati Suprawoto, (19/01).

Baca Juga :  Songsong Tatanan Baru, Aparat Gabungan Lakukan Patroli Himbauan Protokol Kesehatan Covid-19

Pemkab Magetan juga menghimbau, kepada seluruh masyarakat Magetan untuk memeprketat pprotokol kesehatan dengan etika dan tatanan baru di saat pandemic Covid-19. “Prokes dan etika tatanan baru harus dipahami bersama, sehingga angka penularan covid-19 ini dapat di cegah sejak dini,” pungkasnya. (RWY)

 15,228 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!