UA-163642268-1

Magetan Terima Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Kategori Pratama


ARYA-MEDIA | MAGETAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan Jawa Timur, meraih Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021, dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional.

Penyerahan penghargaan dilakukan secara virtual, kepada Bupati Magetan Suprawoto didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Magetan (DPPKBPPPA) Furiana, serta Ketua Gugus Tugas KLA Kabupaten Magetan, di Ruang Jamuan Pendapa Surya Graha Magetan. Kamis (29/7/2021).

Bupati Suprawoto menyampaikan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada Kepala Daerah yang telah menyelenggarakan kebijakan, program, dan kegiatan dalam upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Baca Juga :  Polres Magetan Amankan Ratusan Botol Miras Jelang Perayaan Tahun Baru 2018

“Capaian ini harus diapresiasi dan terus ditingkatkan. Kepedulian pemerintah untuk menjamin anak-anak dapat terpenuhi, sehingga hak-hak anak akan selalu terlindungi,” ujar Suprawoto, usai mengikuti penyerahan penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Gusti Ayu Bintang Darmawati, Kamis (29/07).

Sementara, evaluasi KLA ini diukur melalui 24 indikator yang mencerminkan implementasi atas 5 klaster substantif Konvensi Hak Anak. Diantaranya, Pemenuhan hak sipil dan kebebasan anak. Pemenuhan hak anak atas lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif. Pemenuhan hak anak atas kesehatan dan kesejahteraan. Dan pemenuhan hak anak atas pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta Perlindungan khusus terhadap anak.

Baca Juga :  Pererat Silaturrahmi, Keluarga Besar Kodim Bojonegoro Gelar Halal Bihalal

“Apresiasi pelaksanaan KLA di daerah diberikan dengan 5 kategori, mulai dari kategori Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan Kabupaten/Kota Layak Anak
KLA,” jelas Bupati Magetan.

Dijelaskan Bupati Suprawoto, KLA merupakan sebuah sistem yang dibangun untuk menjamin semua anak, agar terpenuhi hak-haknya dan terlindungi secara menyeluruh dan berkelanjutan, dan nantinya akan selalu dievaluasi secara berkala.

Baca Juga :  Pers Realise Hasil Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2018 Selama 12 Hari

“Semoga dengan penghargaan ini, dapat menjadi pemicu pemerintah untuk terus meningkatkan kinerja di lingkup Pemkab Magetan,” pungkasnya. (Ren)

 312 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!