UA-163642268-1

Peletakan Batu Pertama Gedung Literasi Magetan, Wujudkan Kawasan Eko Eduwisata


ARYA-MEDIA | MAGETAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan Jawa Timur, mulai membangun Gedung Literasi 2021, untuk meningkatkan budaya membaca bagi masyarakat.

Pembangunan rencana Gedung Literasi berada di Jl Raya Sarangan KM 10, Kecamatan Plaosan, dimulai dengan pemasangan batu pertama oleh Bupati Magetan Suprawoto, didampingi Wakil Bupati Magetan beserta jajaran Forkopimda, Selasa (08/06/2021).

Gedung membaca yang bersumber dari DAK (Dana Alokasi Khusus) Sub Bidang Perpustakaan, sebagai upaya menjadikan Kawasan Literasi yang terintegrasi dengan Eko Eduwisata di Magetan.⁣⁣⁣ Sesuai program nasional dalam peningkatan budaya literasi, inovasi dan kreatifitas, membentuk SDM unggul Indonesia maju.

Baca Juga :  ASN Kena OTT : Pelaku Pungli Di Pasar Hewan Ngawi, Segera Disidang

Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Perpusnas RI, Joko Santosa, yang turut hadir menyampaikan bahwa, pembangunan Gedung Literasi ini merupakan bagian dari program dan kegiatan prioritas nasional sesuai RPJMN 2020-2024 Sub Bidang Perpustakaan. “Sehingga, masyarakat Magetan menjadi rajin membaca, produktif, dan sejahtera,” ujarnya,Selasa (08/06).

Dijelaskan Joko Santosa, Gedung Literasi Pemkab Magetan merupakan ruang publik bagi masyarakat untuk belajar secara kontekstual, dari berbagai potensi yang ada. “Bagaimana terus meningkatkan layanan inklusif, karena semua punya hak yang sama yakni untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya” terangnya. ⁣

Baca Juga :  Instruksi Panglima TNI, Bombardir RT Zona Merah Dengan Prokes Ketat

Sementara itu, Bupati Suprawoto menjelaskan betapa pentingnya sebuah informasi apabila terconnect dengan jurnal-jurnal nasional. Sehingga, orang yang datang pasti orang-orang yang punya visi dan membawa perubahan cara pikir dan bertindak.⁣⁣⁣

“Di era digital saat ini, tempat itu tidak menjadi masalah, yang terpenting adalah dari manapun orang bisa mengakses informasi itu yang bagus,” jelasnya.

Baca Juga :  Polda Jatim, Buka Hotline Pengaduan Untuk Kasus Mafia Tanah

Dengan akses yang mudah, lanjut Bupati Magetan, maka semua orang bisa memanfaatkan Gedung Literasi ini. “Hadirnya Gedung Literasi ini, diharapkan dapat melahirkan para penulis yang akan berperan besar terhadap kemajuan, serta peningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Magetan.⁣⁣,” ungkap Bupati Magetan. (Ren)

 566 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!