UA-163642268-1

PUPR Magetan Kejar Target Jangka Pendek Penanggulangan Banjir


ARYA-MEDIA | MAGETAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, melalui Dinas Perencanaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), merencanakan percepatan penanggulangan banjir dengan beberapa strategi untuk melakukan perbaikan pasca bencana di Kabupaten Magetan.

Kepala Dinas DPUPR Magetan, Muhktar Wakid mengatakan bahwa, rencana penanganan bencana tersebut khususnya jembatan ambrol di Desa Bogem Kec Sukomoro, bakal menggunakan alokasi Anggaran Tak Terduga (ATT) dengan sistem percepatan pembangunan tanpa melibatkan pihak ketiga sebagai konsultan perencana.

“Kemarin sudah kita rencanakan dengan melibatkan semua bidang di DPUPR Magetan, dan tidak memakai konsultan, karena perlu adanya penanganan yang cepat dan akan dikerjakan sendiri dengan biaya biaya umumnya,” kata Muhtar Wahid, Senin (19/4/2021).

Baca Juga :  Peduli Dampak Covid-19, Dandim Magetan Salurkan Bantuan Dari Pangdam V Brawijaya

Dijelaskan Muhktar, usai rapat bersama Bupati Magetan beserta jajaran, jembatan di Desa Bogem Kecamatan Sukomoro memakan anggaran sekitar 1,3 Milliar dari alokasi dana ATT dengan sumber anggaran APBD Magetan. “Secepatnya akan kita perbaiki, karena ini darurat. Sedangkan untuk rencana anggaran yang semula awalnya direncanakan sekitar Rp 1,2 Milliar, setelah kita hitung total, bakal menelan biaya sekitar Rp 1,3 Milliar,” terangnya.

Baca Juga :  Guru dan Tenaga Pendidik di Magetan Terima Vaksin Kedua

Sedangkan untuk penanganan jembatan rusak di Desa Ngunut Kec Kawedanan Kab Magetan, menurut Muhktar, bisa ditangani dengan bronjong stok milik DPUPR Magetan, dengan menggunakan dana UPTD dan URC.

“Khusus perbaikan Jembatan Ngunut, sudah selesai dalam waktu 2 minggu. Sedangkan untuk perbaikan insfrastruktur rusak seperti jembatan Mangge dan lainnya, masih menunggu proses lelang sesuai juknis yang berlaku,” jelas Muhktar Wakid, (19/4).

Baca Juga :  Pererat Tali Silaturahmi, Kepala Desa Jatigreges Nganjuk Gelar Halal Bihalal

Selain itu, Dinas PUPR melalui Bidang Cipta Karya, juga merencakan pembangunan embung untuk mengatasi banjir yang terjadi di sekitara Kantor Samsat Magetan, dengan menggunakan beberapa strategi jangka pendek dan jangka menengah hingga jangka panjang.

“Strategi jangka pendek melakukan penyudetan air dari arah Srogo menuju Kali Sadon dengan anggaran kurang lebih Rp.500 juta. Sedangkan untuk jangka menengah, akan dibuatkan embung di wilayah Kebaran, serta dilakukan penyudetan di dekat SMP 4 Magetan,” tutup Rohkmat Zainuddin, Kepala Bidan Cipta Karya PUPR Magetan. (Rwy/Ren)

 820 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!