UA-163642268-1

UNIK : Warga Mojodelik Tanam Padi Perdana Diiringi Gamelan Jawa


ARYA-MEDIA, Bojonegoro – Ratusan petani Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, turun ke sawah untuk menanam padi bersama-sama. Tanam padi dilakukan diatas lahan pertanian milik Pemerintah Desa (Pemdes) setempat, Minggu (2/2/2020).

Ada yang unik dan tidak biasa dari tanam padi perdana pada awal musim penghujan di desa tersebut. Selain dilakukan secara kompak, tanam padi tersebut diiringi dengan iringan Gamelan Jawa.

Tak ketinggalan dalam aksi yang diikuti 425 petani ini, seorang TNI Bintara Pembina Desa (Babinsa) Posramil 0813-18/Gayam, juga ikut turun langsung bersama masyarakat untuk menancapkan bibit padi di area sawah Tanah Kas Desa (TKD) atau bengkok. Iringan Gamelan pun, mengiringi gerak langkah para petani yang sedang menanam padi.

Baca Juga :  Update 26 September 2020 : Sebanyak 3 Pasien Sembuh, Namun Bertambah 9 Orang Positif

Babinsa Mojodelik Sertu Salim mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari tugas dalam mendukung program pemerintah untuk mewujudkan swasemda pangan, yakni melaksanakan pendampingan petani bersama petugas pertanian, mulai dari penyiapan lahan, penanaman, perawatan tanaman, hingga panen mendatang.

“Pendampingan TNI dibidang pertanian ini, merupakan upaya membantu pemerintah dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan nasional,” ujarnya, Minggu (2/2).

Baca Juga :  BPKB Sosialisasikan Efek Pernikahan Dini Untuk Masyarakat

Sementara itu, Kepala Desa Mojodelik Yuntik Rahayu, menyampaikan bahwa, tradisi tanam padi bersama yang dihadiri perangkat desa, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda ini, sudah dilakukan sejak lama sebagai warisan secara turun-temurun.

“Luar biasa, mereka terlihat sayuk rukun dalam tandur kali ini. Dengan diiringi lantunan musik Jawa sampek selesai, ibu-ibu cukup antusias dan bersemangat. Terima kasih, semoga kebersamaan ini tetap terjaga,” pungkasnya. (Pen/Redk)

 1,532 total views,  4 views today

Baca Juga :  Instruksi Kapolri : Usut Tuntas Semua Mafia Tanah, Jangan Pandang Bulu


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!