UA-163642268-1

Upayakan Restorative Justice, Kapolri Bakal Selektif Terapkan UU ITE


ARYA-MEDIA | JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, akan selektif dalam penerapan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Langkah ini dilakukan untuk menghindari adanya upaya saling lapor menggunakan pasal-pasal yang dianggap karet, serta anggapan kriminalisasi dengan menggunakan UU ITE.

“Upaya ini untuk menghindari potensi melaporkan atau saling lapor, atau lebih dikenal dengan istilah mengkriminalisasikan UU ITE, sehingga bisa dikendalikan,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit usai Rapim TNI-Polri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Senin (15/2/2021).

Menanggapi hal tersebjut, Polri akan lebih mengedepankan edukasi dan persuasi dengan langkah-langkah yang bersifat restorative justice. Sehingga penggunaan ruang siber dan digital bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga :  Polisi Militer Tertibkan Anggota TNI Dan Atribut Militer Bagi Sipil

Kapolri Lisyo Sigit juga memberikan himbauan, bahwa dalam bermedia sosial harus tetap mematuhi aturan serta etika yang berlaku.

“Dengan undang-undang ITE, kita bisa lakukan penegakan hukum secara selektif dengan mengedepankan edukasi yang bersifat persuasi. Kemudian kita upayakan restorative justice,” tegasnya. (Redk)

 309 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!